Pages

Subscribe:

Minggu, 15 Januari 2012

"Elektronics Workbence (mulitisim 9)"

A.     PENDAHULUAN
            Elektronics Workbence (mulitisim 9) adalah program aplikasi computer yang banyak digunakan untuk membantu penjabaran rangkaian listrik. Multisim 9 dapat digunakan untuk membuat simulasi gelombang pada rangkaian listrik. Program aplikasi ini dapat membatu  menggambarkan bentuk-bentuk gelombang yang terjadi pada rangkaian listrik melalui jenis alat ukur yang tersedia pada aplikasi ini. Bukan hanya menggambarkan bentuk gelombang, tetapi juga dapat digunakan untuk mengukur berbagai pengukuran listrik, misalnya daya, frekuensi, tegangan dan masih banyak lagi.
            Elektronics Workbence sangat membantu pekerjaan manusia khususnya bagi mahasiswa atau orang-orang tertentu yang bergelut dalam dunia kelistrikan. Keterbatasan alat ukur yang dimiliki oleh teknisi dapat diatasi melalui program aplikasi ini.
            Sebagai pemula, pembelajaran dimulai dengan membuat rangkaian sederhana yang mudah dimengerti dan dikerjakan. Rangkaian ini dapat membantu mahasiswa dalam mempelajari dan menggunakan program aplikasi ini. Pembelajaran yang dilakukan secara rutin dan berkala dapat membantu mahasiswa menjadi mahir dalam menggunakan program aplikasi ini.

B.     Alat dan Bahan

Alat dan bahan yang digunakan adalah:
1.      Perangkat computer atau Laptop
2.      Program Aplikasi Elektronics Workbence (Mulitisim 9)
3.      Print
4.      Kertas

C.     Maksud dan Tujuan

Penulisan dan pengadaan praktik ini bermaksud agar mahasiswa dapat mengetahui apa saja fungsi dari program aplikasi Multisim 9, dimana Multisim dapat membantu mahasiswa Teknik Elektro agar dapat membuat gambar rangkaian listrik dengan mudah. Ada pun tujuan dari praktek ini agar mahasiswa mampu menggunakan program aplikasi yang dapat membantu dalam membuat rangkaian listriknya. Selain itu mahasiswa dapat belajar lebih banyak dan mudah tentang rangkaian-rangkaian listrik.

D.     Cara Kerja
1.      Membuka program aplikasi Multisim 9.
2.      Menggambar rangkaian yang akan diketahui bentuk gelombangnya. Letakakan voltage AC, resistor, dan ground.
3.      Posisikan alat ukur  Tektronic Oscilloscope dan buat jalur peletakan chanelnya untuk mengetahui  simulasi gelombang dari rangkaian.
a.       G untuk ground
b.      CH 1 untuk Input
c.       CH 2 untuk output pertama
d.      CH 3 untuk output kedua

4.      Klik tombol On Off pada tampilan layar, lalu klik symbol alat ukur sampai alat ukut tampil, kemudian klik tombol power pada alat ukur.

5.   Baca hasil pembentukan gelombangnya.


F.      Penutup

1.      Kesimpulan
Program aplikasi ini sangat membantu simulasi gelombang pada rangkaian listrik terutama rangkaian elektronika. Melalui simulasi gelombang, mahasiswa dapat dengan mudah memahami proses gelombang pada rangkaian listrik beserta pengukurannya.

2.      Saran
Diharapakan adanya pelatihan atau praktek yang intesif terhadap program aplikasiini agar mahasiswa dapat mengetahui manfaat atau fungsi  lain dari program aplikasi ini.

0 komentar:

Posting Komentar